August 18, 2021

Wajib Tahu, Berikut 4 Cara Menggunakan Mixer Tangan Dengan Benar

Jika Anda memiliki hobi membuat kue, mixer menjadi salah satu alat bantu yang sebaiknya dimiliki. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan mixer. 

Mulai dari membuat kue, whipped cream, atau mengaduk adonan. Ketika menggunakan mixer tangan, tentunya ada tips tersendiri yang perlu diketahui. Berikut cara menggunakan mixer tangan untuk pemula.

1. Atur Kecepatan Sesuai Kebutuhan

Dalam menggunakan mixer, Anda tidak perlu terburu-buru dan langsung menggunakannya dalam kecepatan yang maksimal. 

Anda bisa memakainya dengan kecepatan terendah terlebih dahulu sehingga bahan-bahan bisa tercampur secara merata. Kemudian, secara bertahap, Anda pun bisa menaikkan kecepatan mixer tersebut.

Hal ini bertujuan agar bahan bahan dapat mengembang. Ketika pertama dinyalakan, mixer akan berada di kecepatan awal atau di angka 1. Setelah beberapa menit mengaduk, Anda baru boleh menambah kecepatannya.

2. Gunakan Kain untuk Meredam Suara

Cara menggunakan mixer selanjutnya yaitu dengan menggunakan handuk atau kain untuk meredam suara bising yang dihasilkan. Jika Anda dan lingkungan sekitar tidak mempermasalahkan hal ini, tentu cara ini bisa diabaikan.

Akan tetapi, bila suara yang dihasilkan dari mixer terasa mengganggu cobalah untuk menggunakan kain tebal atau handuk yang menyelimuti badan mixer agar suaranya bisa diredam. Selain itu, kain juga bisa membantu menjaga agar mixer tetap bersih dari cipratan adonan.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Oven Listrik untuk Hasilkan Kue yang Sempurna

3. Pahami Kegunaan Baling-Baling Mixer

Pada mixer yang Anda miliki, biasanya ada beberapa jenis baling-baling yang memiliki beragam fungsi yang berbeda. 

Contohnya adalah paddle yang memiliki fungsi untuk mengocok bahan kue yang mana tak membutuhkan banyak udara, seperti telur, gula, dan mentega yang digunakan untuk membuat krim.

Selain itu, dengan menggunakan baling-baling yang sesuai dengan kebutuhan dapat membuat mixer tidak mudah rusak. 

Setelah selesai mengaduk adonan, segera segera cabut mixer dari stop kontak. Kemudian, baru copot baling-baling secara perlahan. Jangan lupa untuk membersihkannya dan simpan mixer ke dalam tempatnya.

4. Jangan Gunakan Air untuk Mencuci Mixer

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan mixer, maka hal selanjutnya yang perlu untuk Anda lakukan adalah membersihkannya. 

Terdapat tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan mixer ini, salah satunya adalah menghindari untuk mencucinya dengan menggunakan air mengalir.

Gunakan lap yang sudah dibasahi untuk mengelap mixer. Dengan begitu, mixer tidak akan terkena air dan tidak rusak. Setelah selesai, barulah keringkan dengan kain.

Itulah panduan menggunakan dan membersihkan mixer setelah dipakai. Dengan adanya mixer, proses membuat olahan kue jadi semakin lebih mudah. 

Anda bisa mendapatkan mixer tangan berkualitas dari Kirin. Terdapat berbagai macam model Mixer Kirin mulai dari KM-391S, KSM-390, KHM-287, KHM-286, dan masih banyak lagi. 

Terbuat dari bahan stainless steel yang didesain secara khusus serta dilengkapi dengan pengatur kecepatan, pengocok telur, serta pengaduk kue yang bisa memudahkan siapapun untuk membuat adonan kue.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan inspirasi masakan sehat dari bahan sisa makanan, yuk lihat kreasinya di sini #SisaBisa #KirinIndonesia #KirinSelaluPilihanku.